Jumat, 02 Oktober 2009

'Si Kecil' yang luar biasa

assalamu’alaikumwarahmatul
lahiwabarakatuh…
ya, anak-anak memang luarbiasa!!
saya jadi teringat dengan syauqi (4 th), saat itu setiap kali dia melakukan sesuatu saya hanya memantaunya, misalnya saat ia ingin membuka kotak makanannya, atau mengambil sesuatu.. maka saya hanya melihatnya saja. jika ia terlihat mulai kesulitan biasanya saya baru bertanya ” syauqi, ada yang bisa dibantu?” jika ia membuthkan bantuan baru dibantu, jika tidak maka biarkan ia berusaha sendiri…

suatu kali saya sedang mencuci piring, tiba-tiba saja ia menghampiri lalu berkata “ada yang bisa dibantu?” saya seperti salah dengar, kemudian saya minta ia mengulangi “apa syauqi?” ujar saya

“ada yang bisa dibantu?” ia mengulang pertanyaannya. saya melihat hingga kedalam matanya yang hitam membulat jernih… saya pun tersenyum, sebenarnya dalam hati geli juga saat seorang anak kecil menawarkan bantuan pada kita (orang dewasa).

akhirnya saya katakan, “ok, syauqi bisa bantu meletakkan ini dan ini kedalam rak” ujar saya tak ingin mengecewakan niat baiknya.

Ah, anak-anak memang menyenangkan…

makin kita stimulasi… akan makin banyak kecerdasan mereka yang membuat kita tercengang…

Subhanallah..

stimulasi yang baik akan mendidik anak kita kearah kebaikan, sementara teladan yang buruk setitik saja akan membekas dialam bwah sadarnya serta memungkinkan untuk diimitasi oleh mereka… na’udzubillah…

saya jadi teringat QS.At tahrim :6

“Wahai orang-orang yang beriman! peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”

Best Regard,

Dewi julita
(Pendidikan Anak Usia Dini – Universitas Negeri Jakarta)

Salam hangat penuh persaudaraan
Semoga hari ini penuh hikmah
Semoga Allah senantiasa memudahkan langkah-langkah kita menujuNya

(nemu komen ku lagi di sebuah artikel "rahasia otak si kecil", 12 juni 2008 11:43)

Tidak ada komentar: